Hotline: 0813-1588-7955

17 Daftar Makanan Pencegah Kanker Otak yang Alami

Membahas makanan merupakan topik yang sangat menyenangkan untuk dibahas oleh semua orang, karena kita setiap hari butuh makanan. Apalagi jika makanan tersebut dapat menjadi makanan pencegah kanker otak yang merupakan salah satu penyakit mematikan.

Ketika berbicara mengenai penyakit kanker adalah sesuatu hal yang menakutkan karena penyakit ini membutuhkan biaya yang begitu besar dalam pengobatannya ditambah dengan resiko kematian yang mengintai setiap saat. Terutama bila sel kanker tersebut tumbuh di organ otak kita yang merupakan organ pusat yang mengatur aktivitas dalam seluruh tubuh manusia.

Sel kanker otak biasanya tumbuh dan berkembang dalam waktu yang relatif singkat karena sel otak terus aktif membelah setiap saat. Selain itu efek efek yang ditimbulkan bersifat agresif dan ganas dalam merusak sel sel otak yang masih normal.

Faktor penyebab dari penyakit kanker pada otak ini belum diketahui secara pasti, namun yang banyak diketahui adalah akibat dari adanya terpaan radiasi dalam waktu yang lama. Sedangkan penyebab penyebab yang lain masih dalam proses penelitian oleh para pakar kesehatan di dunia.

Untuk itu dalam langkah mencegah penyakit kanker otak yang alami sangat dianjurkan untuk dilakukan, terutama dalam kegiatan sehari hari yaitu dalam hal makanan. Ada beberapa makanan pencegah kanker otak yang dipercaya dapat mencegah terjadinya pertumbuhan sel abnormal di dalam otak yang akan kita bahas dalam artikel ini.

Daftar Makanan Pencegah Kanker Otak yang Alami

  1. Rimpang Jahe

jahe mencegah kanker otakTanaman jenis rimpang ini mengandung senyawa gingerol yang merupakan zat anti inflamasi yang dipercaya dapat mencegah peradangan pada sel dan selaput otak. Peradangan yang terjadi bisa menjadi bibit kanker, oleh karena itu jahe sangat tepat untuk dimanfaatkan sebagai makanan pencegah kanker otak dengan cara mencegah peradangan yang terjadi pada sel sel tubuh.

  1. Kunyit

Kunyit termasuk jenis rimpang seperti jahe atau sering disebut tanaman umbi akar. Pada umbi kunyit terkandung zat anti oksidan yang bernama curcumin yang sangat baik untuk mencegah inflamasi atau peradangan pada sel sel sehingga pertumbuhan sel kanker dapat dicegah. Kunyit ini hampir bisa mencegah semua jenis kanker selain kanker otak seperti kanker payudara, kanker prostat, dan kanker usus.

  1. Bawang Putih

Tentu salah satu bumbu wajib di dapur ini sudah diketahui semua orang dalam khasiatnya sebagai anti oksidan. Hal ini dikarenakan senyawa aktif dan sulfur yang terkandung dalam makanan pencegah kanker otak bawang putih ini dapat merusak pertumbuhan sel abnormal pada otak. Bahkan berkat kandungan yang dimilikinya dapat mencegah terjadinya mutasi genetik atau kerusakan DNA pada manusia sehingga daya tahan tubuh akan menjadi lebih kuat terhadap infeksi virus atau pun bakteri.

  1. Umbi Bit

Umbi umbian yang satu ini terkenal dengan warnanya yang merah keunguan dengan cita rasa dan aroma yang khas ketika dikonsumsi. Namun rupanya umbi bit ini mengandung kadar anti oksidan tinggi yang dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Selain itu bit juga dapat mengurangi stress pada kondisi tubuh dalam takaran yang cukup, karena apabila dikonsumsi berlebihan dapat meningkatkan kadar gula di dalam darah dan menurunkan tekanan darah.

  1. Teh Hijau

Teh hijau dipercaya memiliki kadar anti oksidan tinggi yang disebut polifenol untuk mencegah tumbuhnya sel kanker. Bagi Anda yang sudah terbiasa menyeduh teh di pagi hari cobalah dengan mengkonsumsi teh hijau sebagai makanan alami pencegah kanker otak. Sebagai contoh yang sudah terbukti adalah masyarakat Jepang yang memiliki tradisi minum teh hijau setiap hari dan hasilnya terbukti dengan fakta kesehatan otak masyarakat Jepang adalah yang terbaik.

  1. Kubis / Kol

Sayuran yang satu ini sudah banyak dimanfaatkan sebagai olahan sup atau lalapan yang ternyata memiliki kandungan senyawa anti oksidan untuk memperkuat dinding sel dalam tubuh. Sehingga kubis / kol ini dapat digunakan sebagai makanan pencegah kanker otak alami dan menjaga kesehatan sel di dalam tubuh.

  1. Brokoli

Sayuran brokoli yang terkenal dengan kandungan vitamin B yang dimilikinya rupanya juga sangat baik sebagai makanan pencegah kanker otak karena kandungan anti oksidan tinggi yang dimilikinya. Ditambah dengan serat tinggi yang terkandung di dalamnya sangat baik untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan dan metabolisme tubuh.

  1. Ikan Salmon

Kandungan omega-3 yang dimiliki ikan salmon memang sangat baik untuk kesehatan otak dan tumbuh kembangnya. Daging ikan salmon liar lebih digemari sebagai makanan pencegah kanker otak yang alami karena lebih banyak mengandung omega-3 daripada salmon yang dibudidayakan sehingga sel sel kanker otak akan menjadi sehat dan meningkatkan kinerja otak Anda.

  1. Delima Merah / Pomegranate

Buah delima banyak diolah dalam bentuk minuman / jus yang menyegarkan, namun kali ini kita akan fokus pada varian buah delima yang berwarna merah. Kandungan anti oksidan pada delima merah lebih tinggi dibanding delima lainnya sehingga banyak diolah sebagai obat kanker otak alami dalam bentuk jus dan diminum pagi hari setelah bangun pagi. Selain itu delima merah juga sangat baik untuk pria berusia lanjut dalam menjaga kesehatan kelenjar prostat.

Baca Juga : 18 Manfaat Delima Merah

  1. Kacang Kacangan

Segala jenis kacang seperti kacang hijau, kacang hitam, kacang merah, ataupun kacang putih dapat dijadikan sebagai makanan pencegah kanker otak yang alami. Kandungan asam lemak yang tinggi serta serat dapat melindungi sel sel otak dari sel kanker. Selain itu kacang juga dapat dimanfaatkan sebagai salah satu makanan diet rendah lemak bagi yang tidak ingin mengkonsumsi daging merah seperti daging sapi, kambing, atau babi.

  1. Kenari

Biji kenari atau terkadang juga sering disebut kacang kenari banyak dimanfaatkan sebagai bahan dalam pembuatan kue. Kenari juga sering diolah menjadi bentuk cemilan sehat rendah lemak karena mengandung omega-3 yang dapat menyehatkan sel sel pada otak. Anda dapat mengkonsumsi kenari sebagai makanan pencegah kanker otak ini yang sudah diolah dalam bentuk cemilan setiap hari.

  1. Cokelat Hitam

Kakao atau tanaman coklat yang  sering dimanfaatkan bijinya ini rupanya mengandung anti oksidan yang sangat tinggi sebagai indikatornya adalah rasa pahit pada olahan cokelat murni yang sering disebut cokelat hitam / dark chocolate. Makanan pencegah kanker otak ini memiliki kandungan anti oksidan seperti proantosianidin dan polifenol sangat baik dalam menghambat pertumbuhan sel kanker dan memutus pembuluh darah yang memberi makanan terhadap sel kanker.

  1. Alpukat

Buah alpukat terkenal sebagai salah satu buah dengan kandung minyak nabati tertinggi dan sumber omega-3. Alpukat sangat baik dimanfaatkan sebagai makanan pencegah kanker otak alami sebab kandungan serat dan anti oksidan yang dimilikinya dapat menghambat tumbuhnya sel kanker otak. Selain itu metabolisme tubuh dan sistem kekebalan tubuh juga akan menjadi lebih kuat sehingga sel sel pada otak akan bekerja dengan normal.

  1. Pepaya

Buah pepaya memiliki cita rasa yang manis dan menyegarkan karena mengandung banyak air. Tekstur buah pepaya yang lunak dan beraroma khas ternyata menyimpan zat anti kanker yaitu likopen. Likopen ini bersifat anti inflamas dan dapat menurunkan kadar stress pada otak sehingga peradangan pada otak dapat dihilangkan.

  1. Jeruk

Jeruk termasuk familinya mengandung kandungan vitamin C tinggi yang sangat baik untuk menjaga kebugaran tubuh dan stamina. Selain itu kandungan zat asam dan anti oksidan yang dimilikinya sangat baik untuk menangkal radikal bebas dan menetralkan racun di dalam tubuh sehingga sel otak akan terlindungi dari pertumbuhan sel kanker. Untuk mendapatkan manfaat dari jeruk sebagai makanan pencegah kanker otak alami adalah dengan mengkonsumsi buah jeruk secara langsung yang masih segar, bukan dalam bentuk jus / olahan jeruk.

  1. Apel

Buah apel mengandung anti oksidan yang dapat menangkal radikal bebas dalam tubuh dan berperan sebagai anti toksin. Apel juga sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung dan otak karena senyawa yang dimilikinya. Anda bisa mengkonsumsinya secara langsung atau mengkonsumsi olahan ekstrak apel yang biasa disebut dengan cuka apel.

Baca Juga : Manfaat Apel Untuk Kesehatan dan Kecantikan

  1. Tomat

Makanan pencegah kanker otak yang terakhir adalah buah tomat yang sudah dimanfaatkan sebagai bahan makanan sehari hari. Senyawa anti oksidan yang terkandung dalam tomat yaitu likopen menjadikannya sangat efektif dalam melawan pertumbuhan sel kanker dalam otak. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari buah tomat adalah mengkonsumsi buah tomat yang sudah diolah dalam campuran masakan dibanding tomat mentah karena zat likopen yang terkandung akan memecah sehingga mudah diterima oleh tubuh.

Related Post

Bagikan Info Bermanfaat Ini
Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on PinterestPrint this page

Leave a Reply