Hotline: 0813-1588-7955

Cara Diagnosis Penyakit Batu Ginjal

Bagaimana cara diagnonis penyakit batu ginjal? Pertama segera konsultasikan gejala yang Anda alami dengan dokter, untuk memastikan penyakit yang Anda derita.

Dokter harus mendapatkan informasi dari pasien mengenai gejala-gejala penyakit yang terjadi. Selain gejala penyakit, faktor lain juga akan ditanyakan oleh dokter seperti : riwayat kesehatan sebelumnya (apakah pernah mengalami batu ginjal), riwayat keluarga yang pernah mengalami batu ginjal, dan apakah ada suplemen yang dikonsumsi secara terus menerus, dll.

Jika gejala yang timbul kemungkinan diakibatkan oleh batu ginjal, dan faktor lain menguatkan kemungkinan batu ginjal, maka dokter akan melakukan tes selanjutnya.

Beberapa pemeriksaan yang bisa dilakukan untuk diagnosis batu ginjal adalah: tes urin, tes darah, dan pemeriksaan dengan citra gambar (USG, rontgen, CT scan, intravenous urogram/IVU).

Diagnosis Batu Ginjal

Tes Urin

Diagnosis Penyakit Batu GinjalPemeriksaan urin (air seni) berguna untuk mengetahui apabila terjadi infeksi pada saluran kemih yang diakibatkan karena adanya batu ginjal. Tes urin juga sangat berguna jika ternyata ada serpihan batu ginjal di dalam sampel urin, karena dokter dapat mengetahui jenis batu ginjal yang terbentuk.

Tes Darah

Tes darah bertujuan agar dokter dapat mengetahui banyaknya zat penyebab batu ginjal dalam tubuh, seperti kadar kalsium dan asam urat di dalam darah. Pemeriksaan darah juga dapat memastikan apakah fungsi ginjal pasien masih sehat atau bermasalah.

Lihat Juga : Makanan Yang Disarankan Untuk Penderita batu Ginjal

USG, X-Ray, CT-Scan dan IVU

Diagnosis penyakit batu ginjal selanjutnya adalah dengan pemeriksaan citra gambar menggunakan USG, X-ray, CT scan atau intravenous urogram (IVU). Dengan salah satu pemeriksaan ini, dokter dapat mengetahui dengan jelas dan akurat adanya batu ginjal dalam tubuh.

Pemeriksaan CT scan sering kali menjadi pilihan yang terbaik, dalam mengetahui keberadaan batu ginjal. Karena hasilnya lebih jelas dan akurat daripada prosedur pemeriksaan yang lain.

Baca Juga : Obat Herbal Penyakit Batu Ginjal

Kesimpulan

Diagnosis batu ginjal yang akurat, pastinya akan membuat dokter mampu untuk memberikan pengobatan yang tepat berdasarkan keadaan kesehatan penderita.

Related Post

Bagikan Info Bermanfaat Ini
Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on PinterestPrint this page

Leave a Reply