Hotline: 0813-1588-7955

Gejala Kanker Usus Besar Yang Harus Diwaspadai

Pada stadium awal gejala kanker usus besar sering kali tidak terasa. Itulah pentingnya untuk melakukan cek up kesehatan secara rutin, sehingga ketika seseorang ketahuan memiliki tumor di usus besarnya, bisa segera dilakukan pengobatan. Karena kanker usus yang masih berada di stadum awal lebih mudah diobati dibandingkan dengan stadium lanjut.

gejala kanker usus besarNamun pada sebagian kasus bisa juga mengalami gejala kanker usus besar di stadium awal seperti:

  • Mengalami sembelit atau diare yang sulit sembuh
  • Perasaan begah di perut dan seperti ingin buang air besar
  • Perdarahan atau kram pada rektum
  • Keluar bercak-bercak hitam darah
  • Ketidaknyamanan atau perut kembung
  • Kelelahan tanpa sebab
  • Kehilangan nafsu makan dan penurunan berat badan
  • Nyeri panggul, dapat juga terjadi pada stadium akhir.

Masing-masing penderita bisa mengalami gejala yang berbeda satu sama lain. Sebagian pasien ada yang mengalami darah pada faeses dan sebagian lagi tidak disertai darah, namun merasakan nyeri pada perutnya.

Jika Anda merasakan beberapa gejala kanker usus besar diatas, khususnya diare dan sembelit lebih dari tiga minggu. Maka segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan.

Lihat Juga : Penyebab Kanker Usus Besar

Kapan Harus Menemui Dokter

Banyak hal yang dapat menyebabkan gejala yang tercantum di atas. Jadi, Anda akan perlu periksa ke dokter untuk mengetahui apa yang terjadi sebenarnya. Jangan menganggap itu hanya wasir atau sakit biasa, dan tidak perlu di periksa lebih lanjut.

Dokter kemungkinan besar akan melakukan pemeriksaan dubur. Anda juga bisa mendapatkan sigmoidoskopi atau kolonoskopi – sebuah pemeriksaan yang melibatkan sebuah tabung fleksibel panjang dimasukkan ke dalam rektum, sehingga dokter dapat melihat apakah ada gejala pertumbuhan yang bisa menjadi kanker.

Source : www.webmd.com

Related Post

Bagikan Info Bermanfaat Ini
Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on PinterestPrint this page

Leave a Reply