Hotline: 0813-1588-7955

6 Makanan Penambah Darah Untuk Mencegah Penyakit Anemia

Makanan penambah darah untuk mencegah anemia6 makanan penambah darah untuk mencegah penyakit anemia – Tubuh manusia sangat membutuhkan sistem metabolisme yang wajib berperan dengan baik agar kesehatan tubuh tetap terjaga. Salah satu komponen pada tubuh manusia yang sangat penting untuk tubuh yaitu darah. Darah memiliki peran penting dalam menyalurkan oksigen dari jantung ke seluruh organ tubuh, selain itu darah berfungsi membawa nutrisi serta vitamin yang akan disalurkan ke organ-organ di seluruh tubuh agar dapat berfungsi sebagaimana mestinya.

Pada saat tubuh Anda kekurangan sel darah merah maka Anda akan memiliki resiko terserang penyakit anemia ( kekurangan darah ). Anemia bukan hanya dialami oleh ibu hamil atau perempuan yang sedang haid, tetapi juga dapat dialami oleh seluruh kalangan tidak terkecuali pada anak-anak. Nah pada kesempatan kali ini kami akan berbagi mengenai makanan makanan yang dapat meningkatkan sel darah merah atau dengan kata lain dapat membantu mencegah penyakit anemia.

6 Makanan Untuk Menambah Darah

Makanan yang kita makan sehari hari dapat memberikan dampak positif dan negatif bagi tubuh manusia, contohnya terlalu banyak mengkonsumsi daging maka dapat meningkatkan resiko kolesterol tinggi. Nah di bawah ini merupakan menu makanan sehat yang dapat menambah darah yang sangat efektif dan dapat dikonsumsi setiap harinya, antara lain :

  1. Sayur Bayam

BayamMakanan pertama yang dapat dikonsumsi untuk meningkatkan sel darah merah adalah sayuran bayam. Sayuran hijau ini memiliki kandungan nutrisi penting seperti vitamin E, B9, C, betakaroten, serat dan zat besi. Kandungan tersebut menjadikan sayur bayam dapat mendukung mengontrol kesehatan dengan baik seperti untuk menambah hemoglobin atau sel darah merah.

  1. Buah Tomat

Buah tomatBuah Tomat merupakan salah satu jenis buah yang memiliki kandungan likopen dan vitamin C yang sangat tinggi. Kedua kandungan ini bermanfaat dalam mendukung tubuh menyerap zat besi dengan baik. Vitamin C dan betakaroten di dalamnya pun dapat mendukung tubuh menjadi lebih sehat sebab manfaatnya yang dapat meningkatkan enzim di dalam metabolisme tubuh. Untuk mencegah anemia maka Anda dapat mengkonsumsi tomat secara langsung atau dapat diolah menjadi jus tomat.

  1. Kacang Kedelai

Kacang KedelaiKacang kedelai merupakan salah satu jenis kacang yang memiliki kandungan vitamin dan zat besi yang komplit. Jika Anda rutin mengkonsumsi kacang kedelai akan menjadikan tubuh terasa lebih sehat pada saat Anda mulai mengalami kekurangan stamina dan lemah sebab kedelai memiliki kandungan protein tinggi dan rendah lemak selain itu dapat meningkatkan produksi sel darah merah.

  1. Kacang Polong

Kacang polongKacang polong memiliki kandungan zat besi dan serat yang sangat baik di dalam tubuh. kacang ini dapat dikonsumsi dengan jenis sayuran lain dan saat diolah dapat memberikan rasa manis alami tetapi sangat bagus bagi pengidap diabetes.

  1. Sayur Kubis

kubisPenyakit anemia sangat sering dialami bagi orang yang sedang menjalani program diet, karena mereka mengurangi nutrisi tertentu yang sangat dibutuhkan tubuh manusia. Untuk mengatasi hal ini Anda wajib mengkonsumsi kubis. Kubis memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi dan memiliki kandungan kalori yang rendah. Kubis juga dapat memenuhi kebutuhan zat besi yang diperlukan tubuh manusia.

  1. Sayur Brokoli

brokoliBrokoli merupakan jenis sayuran hijau dengan kandungan zat besi yang cukup tinggi sehingga sangat tepat dijadikan sayuran penambah darah. Sayur ini juga dapat mendukung proses penyerapan zat besi menjadi lebih pesat sehingga sangat baik dimakan ketika sedang sakit. Bila Anda melakukan diet maka brokoli dapat mendukung tubuh Anda supaya tidak mudah terserang anemia dampak dari kekurangan asupan kalori.

Itulah 6 makanan yang dapat dikonsumsi untuk membantu meningkatkan sel darah merah. Walaupun makanan-makanan di atas dikenal sebagai makanan yang dapat membantu menangani anemia. Anda juga dapat mengkonsumsi jenis makanan lainnya seperti kacang-kacangan.

Selain dapat mencegah anemia makanan makanan di atas juga dapat membantu menyehatkan tubuh Anda. Mulai sekarang jaga kesehatan tubuh Anda dengan mengkonsumsi makanan yang sehat serta berolah raga dengan teratur agar stamina tubuh tetap terjaga. Semoga informasi ini dapat membantu Anda dalam mengatasi permasalahan kesehatan yang dialami.

Source : www.mayoclinic.org

 

 

 

Related Post

Bagikan Info Bermanfaat Ini
Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on PinterestPrint this page

Leave a Reply