20 Makanan Penurun Kadar Asam Urat

makanan penurun kadar asam uratPenyakit asam urat terjadi ketika kadar asam urat dalam darah tinggi sehingga membentuk kristal yang menumpuk di sekitar sendi. Daftar 20 makanan penurun kadar asam urat ini akan mengontrol produksi asam urat di dalam tubuh Anda. Diet ini memang bukan untuk pengobatan asam urat Anda, tapi bisa membantu mengontrol agar penyakit Anda tidak semakin parah. Anda dapat menemukannya di sekitar Anda dan tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal untuk memperoleh makanan-makanan ini. Berikut adalah daftar makanan dan minuman yang bisa menurunkan kadar asam urat Anda:

  1. Air putih, minum minimal 10-12 gelas setiap hari akan bermanfaat untuk mengeluarkan racun, termasuk kelebihan asam urat dari dalam tubuh.
  2. Buah ceri memiliki zat anti-inflamasi bernama antosianin yang dapat membantu mengurangi kadar asam urat. Antosianin juga berperan untuk mencegah mengkristalnya asam urat pada persendian. Selain itu ceri juga menetralkan zat asam dan membantu mencegah peradangan dan nyeri pada sendi. Makan 200 gram buah ceri per hari untuk mendapatkan hasil yang optimal.
  3. Buah apel, asam malat yang terkandung di dalam buah apel mampu untuk menetralkan asam urat, dengan demikian berarti memberikan bantuan kepada penderita. Agar dapat memperoleh manfaat apel untuk kesehatan Anda harus mengkonsumsi minimal satu apel sehari setiap selesai makan.
  4. Jeruk nipis, asam sitrat yang terkandung di dalam jeruk nipis adalah pelarut asam urat alami. Minum segelas air perasan jeruk nipis minimal sehari dua kali untuk mendapatkan manfaat terbaik jeruk nipis untuk kesehatan tubuh.
  5. Kacang panjang perancis, Makanan lain yang efektif untuk menurunkan kadar asam urat adalah jus kacang panjang Perancis. Jus sehat ini dapat dikonsumsi dua kali sehari untuk mendapatkan manfaatnya.
  6. Ekstrak biji seledri, Ini adalah pengobatan rumahan yang populer untuk menurunkan kadar asam urat dalam tubuh.
  7. Berries, terutama jenis stroberi, acai berry dan blueberry memiliki sifat anti-inflamasi sehingga Anda dapat memasukkan mereka dalam diet sehat Anda.
  8. Cuka apel, tambahkan 3 sendok teh cuka apel pada 8 ons air untuk diminum 2-3 kali sehari.
  9. Kacang pinto, kaya akan kandungan asam folat sehingga menjadi salah satu makanan penurun kadar asam urat yang alami. Selain kacang pinto, biji bunga matahari dan lentil harus juga dimasukkan dalam menu makanan Anda.
  10. Jus sayuran, seperti jus wortel yang dicampur dengan buah bit dan mentimun menjadi makanan berikutnya yang juga sangat efektif.
  11. Produk susu rendah lemak juga dapat menjadi alternatif yang baik.
  12. Buah dan sayuran yang kaya vitamin C, seperti Jambu, Kiwi, jeruk nipis, jeruk, lemon, tomat dan sayuran berdaun hijau. Sertakan makanan kaya vitamin C atau suplemen kesehatan dalam diet harian Anda untuk mengurangi asam urat berlebih dalam tubuh dengan memaksanya keluar dari tubuh melalui urin.
  13. Makanan tinggi serat, Berdasarkan penelitian dari University of Maryland Medical Center, menambahkan makanan tinggi serat dalam menu harian Anda, dapat membantu menurunkan kadar asam urat tinggi menjadi normal. Hal ini berkaitan dengan khasiat serat yang dapat membantu penyerapan asam urat dalam aliran darah Anda, sehingga memungkinkan untuk membuang kelebihan asam urat dari tubuh Anda melalui ginjal. Contoh makanan tinggi serat: Oats, brokoli, apel, jeruk, pir, stroberi, blueberry, mentimun, seledri, wortel, serat akasia, dan barley.
  14. Pisang juga bermanfaat dalam menurunkan kadar asam urat. Dengan rutin mengkonsumsi sekitar delapan sampai sembilan pisang per hari selama tiga-empat hari, dapat mengurangi pembengkakan dan peradangan sendi akibat penyakit ini.
  15. Teh hijau, mengkonsumsi setiap hari juga dapat mengontrol kadar asam urat.
  16. Black plum mengandung serat alami yang sangat baik untuk penderita asam urat.
  17. Tomat, brokoli, dan mentimun adalah sayuran yang Anda harus masukan dalam diet makanan sehat Anda.
  18. Cokelat hitam mengandung senyawa teobromin yang sangat baik untuk menjaga kadar asam urat Anda.
  19. Sayuran mentah seperti kentang atau jagung juga efektif untuk mengurangi asam urat dalam tubuh. Jika tidak bisa dimakan mentah-mentah, cobalah mengkonsumsi dengan cara di tim ( uap ).
  20. Ikan salmon mengandung omega 3 yang sangat baik untuk mengurangi peradangan dan pembengkakan sendi.

Inilah 20 jenis makanan penurun kadar asam urat Anda. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan membantu permasalahan sakit-penyakit Anda.

Referensi : www.healthmeup.com

240 thoughts on “20 Makanan Penurun Kadar Asam Urat”

  1. Trmakasih infonya semoga benar benar bermanfaat bagi yang membaca dan kelu arga serta tetangga yang kami berita hu dan yang buka web di Geogle

  2. trmksh ats infonya,sangat brmanfaat untuk saya ..trkena asam urat bu,tadi sudah ibu jelaskan untuk penurun kadar asam urat trmasuk pisang,tapi knpa saya klw hbis mkan pisang malah makin ngilu ya bu badan nya

  3. intan dwi saputri

    Makasih infonya. Semoga bermanfaat bagi ibu karena asam urat nya tinggi 10. Semoga cepat sembuh y bu.

  4. Terimakasih atas infonya, saya akan amalkan dalam menu makanan keseharian saya, as urat saya sudah kadar 12, 5 dan kadang tak bisa jalan, …sekali lagi thks atas infonya.

  5. kalo bisa tolong diinfokan lagi lebih detail ttg asam urat ini. misalnya obat yg lebih cepat menyembuhkan…

  6. Terimakasih atas Informasinya , semoga ibu saya bisa cepat sembuh dan bisa beraktivitas kembali tanpa ada rasa sakit yang di rasakan.

  7. bolehlah. artikelnya pas. sy msh dibawah 30th. masih normal sih asam urat saya. tapi setelah tadi cek asam urat jadi tau kalo asam urat saya kedepannya paling berpotensi ngasih masalah. yang muda muda juga perlu ngecek kesehatannya rutin. agar nantinya terbiasa mengatur pola makannya semenjak dini.

  8. Info yangsangat saya butuh kan, terima kasih bayk saya ucapkan atas kesediaan bapak/ibu untuk mengemailkannya buat sayaa.

  9. Asam urat saya 8,8
    Mkanan apa saja yang perlu di hindari???
    Apakah kangkung,kacang panjang dan toge,termasuk makanan yang harus saya hindari???

  10. asam urat saya sudah sampai 12.2 tapi waktu berobat ternyata saya Alergi sama obatnya(Alpurinol) kira2 ada nggak obat Herbal yg tidak
    mengandung Alpurinol.

  11. Trima kasih banyak infonya. Pak..saya tgl 21 agustus 2015 diangkat ginjal kiri karena pembengkakan ginjal (hidrofrenosis grade 4/penyumbatan krn batu). Dari diagnosa dokter ginjal kanan ada batu..dan hasil laboratorium asam urat saya 8.4..saya diminta jaga makanan..diet begitu..saat ini saya jadi serba salah..apa yg bisa makan dan tdk..mohon email ke saya (chrezwawoh@yahoo.com) tentang makanan yg disarankan tuk saya..trima kasih

  12. Tolong di emailkan ya perihal makanan apa saja yg bsa mnurunkan AU dan tindakan apa saja yg hrus pertama dilkukan saat gejala AU kambuh .AU saya 7,4 usia saya msh 22th dtnggu ya blasannya trims

    1. Byk minum air putih, kurangi mknan yg berbhn dasar kedelai, kl mau tidur dan bgn tdr minum 1sdm madu, lakukn rutin slm sbln lalu test au di lab, insyaallah au nya turun….

  13. pak admin tlg email ke saya ya pak artikel tentang asam urat ini, kadar asam urat saya juga tinggi pak, umur 24 tahun UA : 9,9. sakiiit bgt pak

    1. Klo udah urusan asam urat ini bikin pusiiiing deh x_x untung ada informasi2 yg berguna banget buat kami penderita asam urat. Asam urat sy sempat 9.1 dan belakang rasanya sakiiiittt semua

  14. refa nurkamilla

    mkasih infonya….pas bgt dgn kndsi saya yg skarang lgi trkena AU…..jdi lbih taw yg blom sya ketahui ttg mkanan untk pnurun asm urat….

  15. Bagus sekali infonya, terimakasih banyak ya, sering2 kirim info ttg pola diet yg terkena asam urat ke emailku ya,…semoga berkah Aamin

  16. Info yg sangat bermanfaat,, mudah didapatkan,, dan amat sangat murah,,. mudah2an mendatangkan hasil bagi penderita AU yg “hakkul yakin” utk mencobanya,. Amiin..

  17. lengkap sekali daftar makanananya, dengan begini walaupun saya masih mudah bisa antisipasi dini… nice post

  18. Infonya sgt bermanfaat, asam urat sy 8.9 jari kaki bengkak dan nyeri, mohon diemailkan ke email kami, klo ada info lain terkait asam urat. Terimakasih bnyk atas infonya

  19. Herry Chandra

    Tempo hari asam urat sempat di 8.9, semua sendi kaki dan tangan sakit, dan juga tumit kalau nginjak sakit, bolehkan saya dikirimkan artikel yang menyangkut Makanan Pantangan dan makanan yang diajurkan untuk penderita asam urat. Tks

  20. Bagus infonya mas , mohon saran, saya baru saja ngcek asam urat trnyta skr AU sya 9.0, smpai saat ini sya blm merasakan efeknya yg seperti apa, trakhir sya merasa pusing dan pandangan berbayang saya kira kolesterol yg tinggi, ternyata asam urat saya yg tinggi, apakah ini salah satu efeknya ? sya umur 27th, apakah ada saran untuk menurunkan AU ?
    thanks

    1. Wongso Yudi Dharma

      selain dengan menerapkan pola makan dan gaya hidup sehat. Bisa juga dibantu dengan mengkonsumsi K-Muricata.

  21. Teobromin dan brokoli? Makanan berserat sayuran hijau? Bukannya ini semua makanan dengan kadar purin tinggi? Mohon diterangkan lebih detil dengan sumber infonya karena beberapa yg disebutkan di atas adalah pencetus asam urat

    1. Wongso Yudi Dharma

      Teobromin merupakan jenis xanthine (dalam hal ini methylxanthine) yang ditemukan pada cacao dan memiliki struktur kimia yang hampir menyerupai kafein. Keuntungan dari xanthine yang terdapat dalam cacao tidak mempunyai hubungan dengan metabolisme purin baik anabolik maupun kataboliknya pada manusia (dapat dibaca dalam tulisan Rafael Franco, Nutrients 2013,5,4159-4173. Dengan demikian Teobromin yang sering dikhawatirkan sebagai pencetus asam urat karena dalam jalur metabolismenya akan menghasilkan banyak xantin oksidase yang membentuk asam urat ternyata tidak terjadi jika bersumber dari cacao.

      Untuk brokoli dan sayuran hijau lainnya hanya mengandung purin dalam jumlah sedikit dan masih aman untuk dikonsumsi. Sedangkan sayuran yang harus dihindari adalah bayam, jamur, asparagus dan kembang kol.

  22. Terima kasih info nya, saya asam urat 8,4 skrng sedang proses pengobatan, mohon info nya di email ke saya Pak..trmksh..

  23. suamiku asam uratnya 8,8 dan skrng lg menahan sakit krn kakinya bengkak dan nyeri. Semoga infonya bs membantu. Apa bs mengkonsumsi labu kuning?

  24. Terima kasih artikelnya. Bagus sekali untuk acuan saya menata menu untuk suami yang kadar asam uratnya tinggi. Mohon berkenan dikirimkan artikel ini ke saya ya Pak. Terima kasih. Salam.

  25. Terima kasih atas infonya, sangat bermanfat, asam urat saya 9,0. Tolong diemil hal 2 yang berhubungan dgn penyakit ini. Semoga Allah paring barokah, Amin

  26. Pa… mohon di artikel ini di kirim ke email saya, krna sangat bermanfaat.
    Kakak saya sedang menderita asam urat.
    Terima kasih buat infonya.

  27. Saya msh berusia 23th tp kemarin tes kesehatan asam urat saya 7,5 jd gak lolos tes saya.. paling ampuh apa ya yg bisa cpt nurunin asam urat. Terima kasih

  28. Terima kasih bnyak atas infonya,saya sangat beruntung skali atas smua ulasan anda tentang asam urat,karna saya sedang menderita asam usam

  29. Mantap mas infonya, sngt bermanfaat sekali bwt klrga dan penderita asam urat.
    Smg kebaikan anda di balas dng kesehatan dan rezeky ya berlimpah dari Allah SWT, Amin…

  30. Thank You Infonya,saya akan coba,saat ini asam urat saya 6,5 ,rasanya badan sakit semua, gak enak bgt ,semoga bisa normal lagi ,,

  31. M. ali Imron Zunaidi

    Sippp…makasih infonya moga jadi ilmu yg bermanfaat, mohon kiriman artikel ini yoooo di email diatas

  32. ini info yg sy cari mas, sy sering kambuh asam urat saya krn konsumsi makanan yg salah…… dan sampai bengkak di pergelangan kaki…………. akhirnya minum obat, sy khawatir klo minum obat terus, ginjal bisa sakit. oleh karenanya akan sy coba amalkan info makanan sehat ini… trims mas yudi…. semoga menjadi amal yg baik..amin3x

  33. Info ini sangat membantu saya memilah makanan yang bisa mengurangi asam urat. Terlebih saya di diagnosa terkena asam urat oleh dokter.

  34. informasi yang sangat berharga sehat itu mahal, namun sayang tak bisa share di copy(pahit), tapi trims skl masih bisa di printscreen.

  35. Saya di chek asam uratnya mencapai 18.9, dari standard yang diizinkan 7.0.
    Kata jururawat yang memeriksa, bapak akan bengkak bengkak bila tidak segera di turunkan
    Mohon dapat dikirim ke email saya mengenai pengobatan asam urat in.
    dan juga informasi bagaimana caranya menjadi agen untuk KOTA CIMAHI.
    Salam

  36. Thanks banget infonya… Mau deh dipraktekin, mudah2an ada perubahan. Boleh minta tolong diemailkan utk artiket2 asam urat lainmya mas? Saya masih tertarik.. makasi bgt yaaa..

  37. P.C. Vonny Sutikno.

    Thanks bgt ya utk infonya ttg makanan utk mencegah penyakit asam urat ya! Klo bisa sy mohon Gmna spy sy diemailkan materi2 yg berhubungan dgn sakit asam urat itu ya, krn sy sdg menderita itu, dgn ketinggian asam urat itu 8,4 tuh, aduh sakitnya ini ! Skali lg mohon pertolongan-Nya dgn kirimkan ke email sy ya say! Sy ada di : vonnypris@gmail.com ya . Thanks Before ya!!!!

  38. Erliana htbarat

    Trimakasih atas informasinya yg sangat baik. Blh tanya, apa memang tdk bisa makan makanan yg di goreng? Trimakasih sebelumnya.

  39. Makasih infonya … Bermanfaat banget buat yg dah terlanjur kena agar bisa menurunkan , buat yg belum kena buar menata hidup sehat

  40. Tambah satu lagi, usahakan setiap hari bangun sebelum masuk waktu subuh. Paksakan diri utk bangkit dari tempat tidur. Semula saya tidak bisa menengok ke kanan dan kiri selama bbrp minggu. Namun skrg perlahan2 membaik dan skrg saya sudah dapat menoleh ke kanan dan ke kiri.

  41. Boleh di tambah satu lagi, yaitu konsumsi minyak Zaitun exra virgin.
    Saya rekomendasikan krn saya sudah.mencoba nya hampir 2 tahun alhamdulilah asam urat saya terjaga.
    Sewaktu asam urat naik ke angka 7 tangan kiri saya ga bisa digerak kan bahkan baju kaos.ga bisa.dibuka sampai di gunting……

  42. makasih artikel ini dapat menambah pengetahuan saya, semoga ilmu ini bermanfaat bagi siapa saja yang membacanya. nuwun.

  43. Infonya sangat membantuku untuk mengatasi asam urat yg sedang kurasakan .
    Artikelnya boleh minta tolong diemailkan ke aku ?
    Trims …

Leave a Comment

Your email address will not be published.