8 Makanan Penyebab Darah Tinggi yang Harus Anda Hindari

Makanan Penyebab Darah Tinggi

makanan penyebab darah tinggiJika Anda memiliki tekanan darah tinggi atau memiliki riwayat keluarga yang memiliki penyakit ini, sebaiknya Anda menghindari makanan yang bisa menghalangi kemampuan Anda untuk menurunkan tekanan darah Anda. Serta menghindari makanan penyebab darah tinggi yang bertujuan untuk meringankan gejala ataupun untuk menjaga tekanan darah agar senantiasa normal.

  1. Garam dan sodium ( natrium ) adalah hal yang jahat ketika dikonsumsi bagi penderita tekanan darah tinggi dan penyakit jantung. The Dietary Guidelines for Americans menunjukkan bahwa orang dengan hipertensi atau prehipertensi harus membatasi asupan sodium sekitar 1.500 mg perhari.
  2. Pizza. Semua pizza bisa berdampak buruk bagi mereka yang harys menjaga asupan sodium mereka. Kombinasi keju, daging, saus tomat, dan roti di dalamnya membuat pizza kaya akan sodium. Tapi pizza beku sangat berbahaya bagi penderita hipertensi. Untuk menjaga rasa dalam pizza setelah dimasak, produsen sering menambahkan banyak garam. Semakin tebal kerak dan semakin banyak topping pada pizza, semakin tinggi angka sodium yang terkandung di dalamnya.
  3. Makanan kaleng, walaupun merupakan salah satu jenis makanan yang sangat mudah dimasak, namun mengandung kadar sodium yang sangat tinggi. Sebaiknya cermati label pada makanan kaleng dan cari yang rendah kandungan sodium atau natrium nya.
  4. Gula. Anda mungkin sudah tahu bahwa asupan gula yang berlebihan telah dikaitkan dengan peningkatan kasus berat badan dan obesitas. Tapi apakah Anda tahu bahwa asupan gula tinggi juga terkait dengan tekanan darah tinggi? Terutama pada minuman dengan pemanis buatan, memberikan kontribusi terhadap obesitas pada segala usia. Tekanan darah tinggi lebih sering terjadi pada orang yang kelebihan berat badan atau obesitas.
  5. Lemak jenuh dan trans. Contoh makanan yang tinggi kandungan lemak jenuh adalah: kulit ayam, susu full cream, daging merah ( sapi dan kambing), dan mentega. Sedangkan lemak trans diciptakan dalam proses yang disebut hidrogenasi. Lemak trans ditemukan secara alami dalam jumlah kecil pada daging berlemak dan produk susu. Namun, penyumbang terbesar dari lemak trans berasal dari makanan yang diolah menggunakan minyak goreng terhidrogenasi. Menurut CDC, mengkonsumsi terlalu banyak lemak jenuh dan lemak trans akan meningkatkan kolesterol jahat (LDL) Anda. LDL tinggi dapat memperburuk hipertensi Anda, dan akhirnya dapat menyebabkan berkembangnya penyakit jantung koroner. Jadi sebaiknya Anda harus mengingat lemak jenuh dan trans merupakan salah satu makanan penyebab darah tinggi yang harus Anda hindari.
  6. Kopi. Jika Anda memiliki darah tinggi atau prehipertensi, sekarang mungkin waktunya untuk mengurangi kebiasaan minum kopi. karena dapat menyebabkan lonjakan tekanan darah. Bahkan, setiap minuman berkafein dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah tinggi. Baca Juga : Manfaat Minum Kopi
  7. Alkohol. Ketika datang memiliki tekanan darah tinggi, alkohol adalah pedang bermata dua. Artinya bila dikonsumsi dalam jumlah sedikit justru dapat menurunkan tekanan darah Anda. Tapi ketika kita terlalu banyak minum alkohol maka akan meningkatkan tekanan darah, bahkan untuk orang yang hanya minum sesekali. Menurut Mayo Clinic mengkonsumsi 2-3 gelas alkohol sesekali dapat meningkatkan tekanan darah untuk sementara waktu, dan ketika minum 2-3 gelas alkohol secara berulang atau rutin maka akan menyebabkan masalah tekanan darah tinggi untuk jangka panjang. Selain itu alkohol juga dapat membuat obat tekanan darah yang kita minum menjadi kurang efektif. Alkohol juga tinggi akan kalori yang dapat menyebabkan penambahan berat badan. Orang yang kelebihan berat badan atau obesitas lebih cenderung memiliki tekanan darah tinggi.
  8. Acar, karena di buat dengan campuran cuka, gula dan garam sehingga tinggi kadar sodiumnya, jadi sebaiknya juga harus tidak boleh dikonsumsi terlalu banyak.

Bagi Anda yang memiliki tekanan darah tinggi atau prehipertensi, penelitian telah menunjukkan bahwa Anda dapat menurunkan tekanan darah tinggi Anda dengan makan makanan yang sehat. Diet sehat menekankan protein, biji-bijian, susu rendah lemak, dan buah-buahan dan sayuran. Dengan strategi untuk menerapkan makanan penurun darah tinggi maka dapat membantu Anda untuk mencegah lonjakan tekanan darah dan mungkin bahkan mengurangi tekanan darah Anda.

Dan jangan lupa untuk mengurangi bahkan menghindari jenis makanan penyebab darah tinggi yang diuraikan di atas. Dan yang terpenting untuk diingat adalah penderita darah tinggi bukan harus mengurangi porsi makan, namun lebih di tekankan pada memilih makanan yang sehat bagi tubuh.

104 thoughts on “8 Makanan Penyebab Darah Tinggi yang Harus Anda Hindari”

  1. trms ats solusinya, sangat membantu karna adik sy 26 thn terkena gejala darah tinggi,sangat membingunkan kasian bgt.

  2. Terima kasih
    Ibu saya sakit saya akan coba menerapkan pola hidup sehat untuk Ibu. Info yang sangat membantu. Tetaplah menulis hal-hal baik.

  3. Sy dah masuk usia warga emas.alhamdulillah sehingga hari ini x kena darah tinggi,kencing manis kerana amalan spt di atas.Berat badan x berubah sejak mula bekerja sehingga dah nk masuk usia pencen.

  4. Artikel ini sdh dan akan menyelamatkan nyawa org yg sedang atau baru akan mengidap hipertensi. Sangat bermanfaat sekali. Mksh

  5. Saya. Bnyk ngucapkan trima kasih atas tip yg sangat brmanfaat ini krna saat ini $aya trkena darah tinggi

  6. taufiqurrochman mokhamad

    Bagaimana mengantisipasi lonjakan dan turunan darah yang cepat. Tekanan darah naik turun dengan cepat. Penderita juga berkadar gula tinggi. Usia tt tahun.

    1. Wongso Yudi Dharma

      Solusinya dengan mengadopsi gaya hidup sehat, seperti pola makan yang sehat dan rutin berolahraga setiap harinya.

  7. Martinus Tiumlafu

    terima kasih atas penjelasan dan mamfaat-mamfaat yang sudah di uraikan, mohon penjelasan dan informasi selanjutnya, GBU

Leave a Comment

Your email address will not be published.