Bahaya Merokok Bagi Kesehatan Tubuh

Apakah Anda mengetahui bahaya merokok bagi kesehatan tubuh? Sebagai permulaan silahkan lihat fakta yang sangat menakutkan di bawah ini:

  • Merokok menyebabkan lebih dari 480.000 kematian setiap tahun di Amerika Serikat.
  • Merokok menyebabkan lebih banyak kematian setiap tahunnya dari semua gabungan kondisi berikut : HIV, penggunan narkoba, penggunaan alkohol, kecelakaan bermotor, dan tindakan kejahatan.
  • Merokok menyebabkan sekitar 90% (atau 9 dari 10) dari semua kematian akibat kanker paru-paru pada pria dan wanita.
  • Sekitar 80% (atau 8 dari 10) kasus kematian akibat penyakit paru obstruktif kronik disebabkan oleh merokok.
  • Risiko kematian akibat merokok terus meningkat selama 50 tahun terakhir baik pada pria maupun wanita.

bahaya merokok bagi kesehatan tubuhLalu apa kaitan bahaya merokok bagi kesehatan tubuh kita, kaitannya ada pada zat yang terkandung di dalam rokok. Ada 4.000 komponen kimia yang ditemukan dalam rokok dan 250 diantaranya berbahaya bagi kesehatan manusia, menurut ย Centers for Disease Control and Prevention US. Berikut ini kami jabarkan bahaya merokok bagi kesehatan tubuh yang mudah-mudahan dapat menambah semangat Anda untuk berhenti merokok.

  1. Meningkatkan risiko kanker perut, kanker darah dan kanker limfa, karena mengandung kadar 1,3-Butadine, yakni bahan kimia yang digunakan untuk memproduksi karet.
  2. Menghambat perbaikan DNA dan dapat merusak lapisan dalam paru-paru, karena mengandung Akrolein, Formaldehida dan Kromium VI (ย digunakan untuk membuat logam paduan, cat dan pewarna ) yang akhirnya bisa menyebabkan kanker paru-paru.
  3. Menyebabkan berbagai jenis penyakit kanker, karena rokok mengandung zat Arsenik yang digunakan untuk mengawetkan kayu.
  4. Menyebabkan leukemia karena rokok mengandung zat Benzene yang sebenarnya digunakan untuk memproduksi bahan kimia lainnya.
  5. Menganggu perbaikan DNA dan menyebabkan kerusakan ginjal serta lapisan pembuluh darah arteri, karena kandungan zat Kadmium yakni logam yang digunakan untuk membuat baterai.
  6. Kandungan tar pada rokok akan menempel pada paru-paru, serta menimbulkan warna cokelat pada gigi dan kuku.
  7. Bahaya merokok bagi kesehatan tubuh selanjutnya adalah dapat menyebabkan penyakit jantung dan serangan jantung. Karena kandungan karbon monoksida pada asap rokok yang dihirup masuk ke aliran darah. Karbon monoksida akan menurunkan jumlah oksigen yang dibawa di dalam sel darah merah lalu meningkatkan jumlah kolesterol yang diserap ke lapisan dalam arteri, sehingga bisa terjadi pengerasan arteri atau aterosklerosis.
  8. Nikotin dalam rokok adalah zat kimia berbahaya dan sangat adiktif yang dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah, denyut jantung, aliran darah ke jantung dan penyempitan pembuluh darah. Nikotin juga berkontribusi terhadap pengerasan dinding arteri, yang pada gilirannya, juga menyebabkan serangan jantung. Zat kimia ini dapat tinggal di tubuh Anda selama enam sampai delapan jam tergantung pada seberapa sering Anda merokok.
  9. Perempuan perokok ataupun yang tidak merokok namun sering terpapar asap tembakau cenderung melahirkan bayi dengan berat badan rendah serta ada peningkatan risiko kelahiran prematur.
  10. Bahaya merokok berikutnya adalah dapat menyebabkan penyakit stroke yang sangat mematikan.
  11. Merokok dapat meningkatkan risiko katarak (kekeruhan lensa mata yang membuat Anda sulit untuk melihat) serta berkaitan dengan kerusakan retina mata.
  12. Menyebabkan diabetes mellitus tipe 2 dan dapat membuat lebih sulit untuk mengontrol kadar gula darah. Risiko diabetes adalah 30-40% lebih tinggi pada perokok aktif daripada non perokok.

Jutaan orang di dunia berhasil untuk berhenti merokok, dan dengan keinginan, keyakinan serta motivasi yang kuat Anda juga bisa terbebas dari kecanduan tembakau. Bayangkan betapa bahagianya hidup Anda dan keluarga karena terbebas dari jeratan bahaya merokok bagi kesehatan tubuh Anda.

Referensi :

  • www.heart.org
  • www.cdc.gov

75 thoughts on “Bahaya Merokok Bagi Kesehatan Tubuh”

  1. roahni putri nabila

    jawaban nya sangat bermanfaat bagi anak anak yang mendapatkan soal seperti ini dapat membantu menajawab pr anak anak.

  2. semoga mulai hari ini saya bisa berhenti merokok…aku mau hidup lebih berkualitas, hingga tua tdk menjadi beban keluarga….semoga hari hari berlalu tanpa rokok bisa kujelang, selamat datang perubahan….amin YRA

  3. iya gan sy jg mulai berhenti ngerokok tp cara gue lain dri yg lain. sy pertama hisap rokok putus nyambung putus nyambung ampe hbis 5 btg, smpai mlut jd peka tenggorokan kering batuk ya dri stulah sy brfikir brhnti ngerokok.

  4. Selain mengandung zat berbahaya sebenarnya merokok sama sekali tidak memberikan manfaat apapun. Hanya saja banyak perokok yang kurang memperhatikan bahkan banyak yg mengingkari bahwa mereka tidak mendapatkan manfaat kesehatan apapun dari merokok. Artinya hanya karena gengsi mereka rela menggadaikan kesehatannya demi sebatang rokok.

      1. Luangkan waktu untuk bergaul dengan pergaulan baik bukan yg buruk , sering sering kumpul bareng keluarga biar ada yg mengingatkan , kalo setanya ngikut (pengin rokokan lagi) beribadah sembayang inget tuhan kalo punya uang titipin ke org terpercaya biar gak kegoda utk beli roko

  5. Semua itu tergantung niat nya gan .kalok mau brnti mrkok.ibart kata kita mau pergi kerja bagi org muslim bismillah kyae gto lah dia niat brnti mrkokok ya niat.krna saya dlu pernah brnti mrkok ampir 2 tahun lah.eh pas tamat sklah 2013 ngmpul” sama tmen lnjut lagi rokok gile”.emng hdup tampa gak mrkok itu shat loh gan.tapi bagi kita yang mrkok jadi merana kshan.kshan.kshan kshan
    kalok pabrik rokok di ttup” kyae sulit lah gan itu yang ngluarkan dari sahbndar juga jadi kita sebagai rakyat indonesia jadi serba slah…..?

  6. Ada yang jual rem buat peroko ngga.soalny suka blonk kalo liat roko.apa lagi di kasih gratongan…maaf cuman bercanda ko.slam buat cemua.ea memang harus ada niat yang kuat…kalo berhenti meroko.kulit kita jd keliatan sehat itu yg aky inginjan..jd hindarilah roko biar agan agan jadi pada kasep …..

  7. kalau pabrik rokok di tutup,indonesia bisa miskin,karna pajak tertinggi adalah pajak rokok.tapi,kalau di lanjutkan rakyat indonesia jadi penyakitan.Jadi:serba salah.

  8. Aq sudah berhenti merokok tapi ada kalanya saya merindukan hisapan rokok.. Ya semoga saja bisa konsisten berhenti

  9. Saya mau berhenti merokok tapi tolong barangkali ada yg tau trick utama cara berhentinya..
    Barangkali ada yg tau terutama sudah makan.

    1. klau mau brhenti mrokok sbenar’y kmbali ke pribadi masing” gan,,sbenar’y klau ada niat smua bisa d lakukan slama itu msih di akal manusia

  10. waaaah bagus kamu ada disini dari tadi aku share nggak ada tapi kamu ketemu juga buat ngerjain tugas sekolah hehehehehehehe

  11. rokok adalah racun bagi tubuh kita apabila kita menggunakannya, badan/tubuh kita adalah ciptaan Allah swt yang paling sempurna daripada makhluk Allah lainnya dibumi yang fana ini, maka cintailah badan kita untuk dirawat dan tinggalkan merokok sekarang juga

  12. Pernah sy coba berhenti 1 thn dan memang
    manfaatx luar biasa. Tp krn sering ngumpul ma tmn2 kntor yg perokok ehh ikutan lg deh. Skrg aq mau berhentiiiii

  13. makasih atas smua informasinya,mulai hari senin tgl 09 -11-2015 saya akan berhenti merokok karna saya mau program mau punya momongan,amin…

  14. thanks iya ๐Ÿ™‚ . sekarang gua juga mau hindari dari rokok dan mau hidup sehat kembali ๐Ÿ™‚
    semoga ini menjadi manfaat ๐Ÿ™‚

  15. Muhammad Akbar bin Abdullah

    Satu artikel yang menarik mengenai bahawa merokok kerana rokok mengandungi 4000 bahan kimia dan 400 jenis racun yang boleh merosakkan organ-organ di dalam badan kita.

  16. buat sahabat semua,, berhentilah merokok & jagalah kesehatan,,

    Karna rokok,suami ana terkena leukimia limfosit akut stadium akhir,, dan baru terdeteksi,hanya 4 hari diRS,sekarang suami ana sudah kembali pd sang maha pencipta,, sampai hari ini baru 40 hari lebih kembalinya suami ana pada sang maha pencipta,,

    ana harap sahabat semua bisa berhenti merokok,, jagalah kesehatan tubuh kita sendiri,karna tubuh kita juga anugrah,, mencegah lebih baik dr menyembuhkan,,

  17. Artikelnya ingin saya copas untuk referensi blog saya, terutama bagian 12 bahaya rokok, tapi tidak bisa ๐Ÿ™
    Terima kasih atas infonya gan. Btw, ane punya solusi untuk yang mau berhenti merokok, bukan promosi sekedar berbagi.
    Salam Kenal

  18. sofianto fahrudi

    Siap akan segera berhenti merokok setelah sejak kelas 4 SD sebagai ahli hisap akan mempertebal niat dengan banyak mencermati referensi dan kiat dari para fihak yang sudah berhenti merokok. Carpediem..

  19. Sy berusia 56 thn perokok berat dg rata2 3 bungkus dlm sehari, puji Tuhan sdh berhenti merokok walo baru 20 hari.. smg selamanya bs berhenti dan hidup makin berkwalitas. Amin

Leave a Comment

Your email address will not be published.